Kamis, 26 Desember 2013

Manage Diri



Setiap orang pasti mempunyai cita- cita dan tujuan hidup yang berbeda- beda. Karena mereka memiliki pemikiran yang berbeda, dan juga keinginan yang berbeda dalam kehidupannya. Ada yang sangat berambisi, biasa saja, dan ada pula yang hanya menjalani apa yang sudah di takdirkan oleh Sang Pencipta. Tapi setiap orang juga pasti ingin menjadi orang yang sukses dalam hidupnya. Definisi sukses sendiri dalam setiap individu sudah pasti tidak akan sama. Karena tergantung bagaimana individu memaknai arti sukses dan keinginan individu untuk sukses dalam bidang apa. Saya sendiri ingin sekali menjadi orang yang sukses terutama sukses dalam pengaplikasian jurusan yang sedang saya ambil saat ini yaitu Psikologi. Saat lulus kelak saya berharap ilmu pengetahuan yang didapat dibangku perkuliahan bisa saya gunakan dan diaplikasikan dengan sangat baik ketika saya bekerja nanti sehingga bisa membawa saya kedalam kesuksesan.

Ketika saya membayangkan diri saya saat sudah sukses kelak saya akan memanage diri saya yaitu dengan cara selalu merencakan kegiatan yang akan dilakukan disetiap harinya. Agar dapat membantu saya untuk melakukan aktivitas sehari- hari dengan baik, seperti dengan membuat catatan di dalam handphone karena pada zaman yang sudah semakin canggih ini semua orang pasti akan selalu menggunakan dan membawa handphone setiap harinya ketika akan pergi kemana- mana dengan begitu kegiatan- kegiatan yang sudah direncakan dapat dilaksanakan dengan baik. Kemudian membiasakan diri untuk selalu disiplin dalam hal apapun sebisa mungkin agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancer . Menerapkan pada diri sendiri untuk selalu menghargai waktu. Misalnya tepat waktu dalam melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang diberikan , tepat waktu juga ketika mempunyai janji dengan orang lain. Menjauhkan diri dari rasa “malas” karena ketika rasa malas ada di dalam diri seseorang segala sesuatu pasti akan menjadi terbengkalai dan pastinya akan tidak baik maka dari itu kita harus selalu menerapkan pada diri sendiri untuk selalu semangat dalam menjalani kehidupan. Selain itu ketika dihadapkan pada suatu pekerjaan atau tugas kita harus mengatur diri kita untuk bisa focus agar suatu pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Lalu pintar dalam membagi waktu , membagi waktu untuk keluarga, sahabat, teman- teman dan pekerjaan yang kita miliki. Jauhkan diri dari perasaan stress karena sebenarnya tidak akan ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan baik. Jika kita bisa bersikap tenang dalam mengahadapi suatu masalah dalam kesuksesan. Maka dari itu kita harus menjauhkan diri kita dari perasaan pesimis! Karena terkadang apa yang kita pikirkan itu bisa menjadi kenyataan apabila kita terus meyakininya sehingga kita perlu memikirkan segala sesuatu itu dengan positive. Selain itu memanage keuangan yang dimiliki dengan baik yaitu misalnya kita harus selalu mempertimbangkan segala sesuatu yang akan dibeli. Apakah barang tersebut memang benar- benar dibutuhkan atau hanya barang yang akan sia- sia nantinya. Dengan begitu kedepannya segala sesuatu akan menjadi semakin baik dan seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar