Rabu, 10 Oktober 2012

Internet


INTERNET
                                                  
   Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet (Inter-Network) ialah sebutan untuk sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersial, organisasi maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya untuk jutaan pemakainya yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Internet yang dikenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan computer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi disatu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.
   Di awal 1980-an, ARPAnet terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Standford Research Institute. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana computer pribadi (PC). Berikutnya, protocol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan system DNS (Domain Name Service) pada tahun 1984. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di sekuruh negeri dengan 5 buah pusat super computer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akdemis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika resmi dibubarkan pada bulan Maret 1990 dan kemudian digantikan oleh NSFNET.
Berbagai Aplikasi Internet
Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keprluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protocol tertentu. Istilah “protocol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Berikut Aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet :
·        WWW (Word Wide Web)
Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai “web” saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling popular. Demikian populernya hingga banyak orang yang mengidentikkan web dengan internet. Secara teknis, web ialah sebuah system dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet web server dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). Web dapat diakses oleh perangkat lunak yang dikenal dengan browser. Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet diseluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia semakin meningkat. Untuk memudahkan penelurusan halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topic-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari) yang dilakukan berdasarkan keyword (kata kunci). Pada saat ini, search engine yang sering digunakan antara lain Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com) .
·        Electronic Mail/ Email/ Messaging
Email atau dalam istilah bahasa Indonesia, surat elektronik, yaitu aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver.
·        File Transfer
Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara computer local dengan computer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Protocol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP).
·        Remote Login
Layanan remote login mengacu pada program atau protocol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.
·        IRC (Internet Relay Chat)
IRC biasa disebut chat sebagai “chat” ialah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling terkenal software mIRC.
           Aplikasi-aplikasi diatas sebenarnya aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet pada zamannya. Selain aplikasi-aplikasi tersebut pada zaman modern ini berkembang pesat aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet seperti Facebook ( www.facebook.com) , Twitter (www.twitter.com) dan lain sebagainya.

KESIMPULAN
Internet adalah sumber dari segala informasi dan system jaringan computer global yang saling berhubungan satu sama lain sehingga memungkinkan computer yang satu dengan yang lain berkomunikasi. Manfaat dari internet itu sendiri sangat banyak dengan internet kita bisa memperluas wawasan ilmu pengetahuan selain itu internet juga dapat mempermudah segala sesuatu yang kita butuhkan. Dari internet juga dapat mempelajari atau mengetahui banyak hal, misalnya ingin mengetahui tentang suatu Negara tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi Negara tersebut cukup dengan internet bisa mencari sejarah atau apapun mengenai Negara tersebut dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan dengan internet. Internet juga bisa berpengaruh negative jika penggunanya menyalahgunakan fasilitas yang ada dalam internet. Jadi semuanya tergantung pada diri masing-masing untuk melakukan segala hal yang positive terhadap teknologi yang ada sekarang atau malah menyia-nyiakan teknologi yang sudah berkembang sangat pesat saat ini.

Sumber :

Modul Pengenalan Internet
directory.umm.ac.id/tik/pengenalan_internet.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar